Pengoptimalan Program Kesehatan Wilayah Hulu Oleh Pafi Kabupaten Kapuas Bersama Apoteker Profesional


Pafi Kabupaten Kapuas

"Continue to build your knowledge and skillset. Success will meet you outside of your comfort zone."

- Dr. Kierra Dotson -

Salah satu kiat penting guna menjaga kesehatan masyarakat adalah melalui upaya preventif dan edukatif. Di Kabupaten Kapuas, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (Pafi) turut serta dalam peningkatan hasil kesehatan melalui sosialisasi tentang pentingnya kesehatan kepada masyarakat.

Bersama apoteker dan farmasi, PAFI KABUPATEN KAPUAS berharap program kesehatan ini dapat membantu memastikan perawatan pasien seara optimal dan keamanan terhadap pengobatan.

Program Kesehatan Pafi Kabupaten Kapuas Hulu

Di wilayah Hulu, Kabupaten Kapuas, peran Pafi dalam mendukung upaya kesehatan masyarakat secara optimal ditunjukkan dengan menggandeng pihak profesional, seperti apoteker untuk mencegah dan mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang terjadi.

Bersama tenaga ahli, program ini berfokus pada masalah kesehatan sesuai kebutuhan masing-masing individu. Dengan edukasi yang tepat dari tenaga profesional, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sehingga tercapai kesejahtreraan jasmani dan rohani.

Adapun program yang dimaksud meliputi pengetahuan tentang produk-produk kesehatan yang tersedia dan tersebar dalam lingkungan masyarakat serta akses mudah terhadap layanan kesehatan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Langkah Sederhana Mengurangi Emisi Sampah dan Membangun Masyarakat Berdaya di Bumi

Peran Apoteker Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

tugas dan kewajiban apoteker

Dikutip dari Halodoc, Apoteker adalah tenaga ahli kesehatan yang bertugas untuk menggunakan, menyimpan, dan menyediakan obat-obatan sesuai resep dari dokter. Apoteker juga bertanggung jawab untuk menginformasikan cara penggunaan sekaligus efek samping dari suatu obat-obatan.

Walau pada umumnya apoteker akan memberikan obat sesuai rekomendasi resep dokter, namun apoteker juga dapat mengedukasi masyarakat agar bergaya hidup sehat supaya terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Dengan kata lain, profesi apoteker merupakan perpaduan dari beberapa cabang ilmu, seperti ilmu komunikasi, ilmu pengetahuan, ilmu perawatan serta bisnis dan etika yang fokus dalam pengolahan obat.

Baca Juga: Apakah Penyakit Kusta Bisa Menyebabkan Kecacatan?

Pada bidang farmasi klinis atau kemasyarakatan, kehadiran apoteker sangat diperlukan. Misalnya, di rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), eksistensi apoteker bisa memberikan edukasi atau konsultan sehubungan dengan obat yang akan digunakan oleh pasien, memastikan kualitas obat masih layak konsumsi, serta memberikan saran kepada dokter terkait jenis dan dosis obat untk pasien.

Secara umum, berikut telah aku rangkum tugas dan kewajiban seorang apoteker, ya. Diantaranya:

  1. Mengeluarkan obat sesuai resep, atau perintah dokter
  2. Menerima konsultasi pasien tentang penggunaan obat yang diresepkan
  3. Berkomunikasi dengan dokter untuk meracik obat yang sesuai
  4. Mengarahkan pasien ke obat yang dijual bebas untuk mengobati kondisi penyakit

Sedangkan untuk lingkup pekerjaan apoteker, secara spesifik dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Apoteker akademisi
  • Apoteker komunitas
  • Apoteker pemerintah
  • Apoteker rumah sakit
  • Apoteker industri
  • Apoteker militer
  • Apoteker riset
  • Apoteker grosir

Menjadi bagian dari tim interdisipliner, artinya apoteker mendukung pasien, keluarga, dan dokter dalam memahami dan mengelola rencana pengobatan farmasi. Apalagi ketika apoteker bergabung ke dalam tim layanan kesehatan, maka harus bisa membantu meningkatkan penggunaan dan kepatuhan pengobatan, memperluas akses terhadap layanan, dan mengurangi biaya layanan kesehatan.

Maka dari itu, selain berkontribusi dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Hulu, melalui program ini pula apoteker memiliki peluang menjadi agen perubahan dalam dunia kesehatan. Sebab sebagai tenaga ahli, yang memiliki pengaruh luas dan peran sesifik, apoteker juga memiliki kesempatan lebih besar untuk upgrade skill sekaligus mengamalkan ilmu pengetahuan bersama PAFI KABUPATEN KAPUAS.

Cukup sekian mengenai program kesehatan Pafi di wilayah Hulu, ya. Untuk informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi website resmi nya via tautan ini, ya: https://pafikabkapuas.org/

Salam sehat, teman-teman 🏃🏃🏃

Referensi:

  • https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-profesi-apoteker-tugas-dan-syaratnya
  • https://pharmdonline-findlay-edu.translate.goog/blog/role-pharmacists-healthcare-systems?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • https://www.ismafarsi.org/eksistensi-dan-peran-apoteker-di-masyarakat/
  • https://pafikabkapuas.org/

No comments:

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.