Tentang Tingkah Ajaib dan Bahasa Planet Nia


Nia si Anak Luar Biasa


"When you focus on someone's disability, you'll overlook abilities, beauty and uniqueness. Once you learn to accept and love them for how they are, you subconsciously learn to love yourself uncontionally"

- Yvonne Pierre, The Day My SoulCried :A Memoir -


Tentang Tingkah Ajaib dan Bahasa Planet Nia - Pada dasarnya, semua anak istimewa bagi orangtua maupun keluarga mereka. Namun Nia berbeda, she is really amazing. Dia bener-bener 'berbeda' dalam makna yang sebenarnya. Dia juga paling jago bikin aku tertawa tanpa sebab sekaligus emosi gak jelas secara bersamaan. Yes, she is my sister with special needs!

Nia adalah anak luar biasa. Luar biasa cerewet nya, luar biasa aktif nya, luar biasa lincah nya, luar biasa porsi makan nya, luar biasa centil nya, luar biasa berisik dan banyak lagi ke-luar-biasa-an yang gak dapat aku prediksiπŸ˜†

Kalian tahu, kenapa anak berkebutuhan khusus cenderung suka marah-marah, gampang emosi, gak mandiri, dan identik dengan  ketergantungan pada orang lain. Tapi setelah berproses dan belajar menjadi kakak untuk seorang ABK, aku jadi mengerti kenapa si anak dengan keterbatasan seperti ini cenderung memiliki emosi yang tinggi dan meledak-ledak. Ya, karena mereka marah, kesel, jengkel pada diri sendiri. Sebab tidak semua orang yang berinteraksi dengan mereka, mengerti dan memahami maksud nya πŸ˜”Asal kita sabar mendampingi serta merawat juga mendidik mereka. Pada akhirnya, mereka akan pandai mengurus dirinya sendiri. Percayalah!
 

BAHASA PLANET NIA


Kenapa aku menyebutnya 'Bahasa Planet'? Karena hanya Nia sendiri juga (mungkin) aku yang mengerti setiap ocehannya. Itu pun, jika aku tidak dalam mode 'bingung' dengan bahasa baru yang dia ciptakan πŸ˜…

Adikku, Nia adalah anak dengan down syndrome. Dia kembar, sayangnya dia tidak seberuntung kembaran nya yang normal. Saat ini, seharusnya Nia juga kelas 5 SD seperti kembarannya, Hani. Tapi karena keterbatasannya. Nia terlambat sekolah dan sekarang masih kelas 2 Sekolah Dasar. Entah berapa lama Nia akan memakai seragam merah putihnya, bisa 5 tahun, 10 tahun atau  lebih dari itu. Aku bukan pesimis. Tapi aku berusaha berpikir realistis. Aku mau Nia bisa, cukup mengerti dan mampu berinteraksi dengan baik saja sudah syukur alhamdulillah.

Soal akademisnya, yang penting dia mau belajar. Karena bagiku, Nia sudah sangat luar biasa mampu membedakan bentuk benda berdasarkan warna, berani bernyanyi di depan aula saat family ghatering di sekolah bersama Rumah Sakit Kaliwates Jember, bisa menghafal A I U E O, rajin sholat (meski belum bisa bacaannya) dan semua itu sudah di luar ekspetasi ku serta keluarga.
 
Nia si Anak Luar Biasa with down syndrome
Nia Ketika Pelajaran Mewarnai di Sekolah *Kambing warna nya Merah* πŸ˜‚   
 
Ah, rasanya baru kemarin anak ini bisa berjalan. Sekarang, lari pun semakin kencang, sulit di kejar 😁 Dan kenapa aku menyebutnya 'Bahasa Planet'? Jujur, itu adalah celotehan khas anak belum bisa bicara. Anggap saja Nia adalah bayi yang belum bisa ngomong. Alhasil, hanya dia sendiri yang paham akan maksudnya. Mungkin bisa di katakan, aku adalah 'jubir' pribadinya, namun terkadang, aku pun merasakan kesulitan menerjemahkan ocehan Nia. Jika beruntung, maka aku akan bisa mengerti keinginan nya dengan cepat. Jika tidak, siap-siap saja dia akan mengamuk dan merajuk sepanjang aku belum memahami kemauannya 😴

Tapi, di banding celotehan yang kadang panjangnya melebihi rel kereta api, jujur saja, kesehatan dan kemandirian lah yang jadi fokus ku dalam mendidik dan merawat si anak luar biasa ini. Aku ingin Nia mengerti dan mampu merawat diri nya sendiri. Mengajarkan sedikit norma demi keamanan dan keselamatannya. Sebab, suatu hari nanti. Mungkin aku hanya bisa melindungi nya dari jauh. Dan aku berharap, Nia bisa jadi bintang untuk keluarga kami. Juga vitamin kebahagiaan bagi banyak orang.
 

TINGKAH AJAIB NIA


Nah, inilah kenapa aku menyebutnya sebagai 'Tingkah Ajaib'. Di saat semua orang berusaha keras melawak bahkan stand up comedy demi membuat orang tertawa. Tidak untuk Nia, Dengan gayanya yang bahkan biasa ajah, dia bisa membuat semua orang yang melihatnya tertawa. Meski awalnya 'garing', ternyata lama-lama lucu juga πŸ˜‚

Misalnya begini, aku tidak sengaja menjatuhkan sesuatu, Nia melihatnya. Kemudian dia tertawa. Aku heran, ini jatuh beneran loh, bukan nge-lawak. Tapi Nia terus tertawa seolah yang terjadi barusan terjadi padaku adalah lelucon yang sengaja aku buat untuk menghibur dirinya. Dan gaya tertawanya yang tanpa suara, hanya bahu nya saja yang bergetar di tambah mata sipitnya yang semakin sipit bikin aku gemas sendiri. Jadilah aku ikut tertawa. Hahahaha... padahal gak ada yang lucu *astaga πŸ˜„

Sebenarnya sih banyak lagi tingkah ajaib dan tak terduga dari Nia yang bikin kita terpingkal-pingkal. Dan membuat tertawa Nia tertular pada yang lain, itu bukan hal susah. Dengan sekali gelitik saja, Nia bisa tertawa kencang, sampai ngompol kalau perlu 😜 Sungguh sederhana membuat Nia bahagia 😍

Yakin deh, jika usianya semakin bertambah. Gaya juga centil nya pasti akan semakin luar biasa. Sekarang saja, tingkah ajaib nya bukan main. Ditambah dengan bahasa planetnya yang kadang susah aku terjemahkan πŸ˜‚ Apapun yang dia lihat, pasti di contoh. Satu lagi, Nia pandai berjilbab loh. Mau pasmina, segi empat, hijab instan atau model apapun dia bisa. Pinter nya adek aku πŸ˜‰

Pssst... video Nia si anak luar biasa waktu menyanyikan 'Balonku' di depan aula sekolah saat family gathering bersama RS. Kaliwates Jember dalam rangka 'Penyuluhan Gizi dan Gigi Sehat' ada di instastory ku ya hehehehe (instagram : @heizyi) πŸ˜ƒ *promosi terselubung

Nia si Anak Luar Biasa with down syndrome
Family Gathering Bersama RS Kaliwates Jember
 
Udah dulu, segini aja ceritanya, maklum aku orang nya baperan. Jadi gak bisa cerita panjang lebar. Mana bahasa nya radak amburadul. But, thanks for reading Nia's rambling story 😊 Cerita lainnya tentang anak berkebutuhan khusus bisa lihat pada label 'Special Needs' ya. Happy March, Friends 😚 #UpWithDown πŸ’™πŸ’œ
Nia si Anak Luar Biasa with down syndrome
Nia Saat Sikat Gigi Bersama Ketika Acara Family Gathering
 
 
*/NB: Aku sedang dalam usaha melatih keberanian Nia yang mendadak hilang. Mungkin karena dia siswa pindahan, jadi merasa terintimidasi dengan teman-temannya yang berbadan tinggi. Jadi sekarang, dia berubah jadi anak yang penakut dan agak cengeng 😐

21 comments:

  1. Sama nia kemana2 barengan terus kayaknya mbk. Beberapa hari tanpa nia pernah?

    Tambah gede n pinter ya Nia πŸ‘Œ

    ReplyDelete
  2. Always, she is my travelmate now ^^ hahahaha. Hampir kemana aja sama Nia, palingan cuma di tinggal sebentar kalau emang darurat :))

    ReplyDelete
  3. Cantik banget Nia... Rajin sholat juga, pinterr. Keren banget Kak, meskipun Nia spesial dari yang lainnya, namun dia tetap bisa beradaptasi dan mandiri juga ya. Sehat selalu Nia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bisa mengikuti jika ada orang sholat, mbak
      walau ya sebatas itu aja gerakan nya. tapi alhamdulillah sekali pokoknya :)

      Delete
  4. Salam buat Nia dan Hani. Kamu kakak yang hebat bisa mendampingi adik yang luar biasa juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam,
      salam diterima ya, kak :)
      terima kasih ^^

      Delete
  5. Masya Allah. Kakak yang luar biasa. Semoga Nia jadi anak yang hebat kelak ya. Seru sekali. Banyak hal yang bisa jadi menyenangkan mungkin ya kalau bersama Nia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, kakak :)
      kita sedang sama-sama berjuang kok ^^

      Delete
  6. Deketnya Nia sama Kak Elok ya. Butuh waktu untuk adaptasi Nia di sekolah baru, tapi insya Allah bisa dengan dukungan keluarga dan teman-temannya juga.. SemangatCiee Dede Nia

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan anak luar biasa seperti nia ya, mbak.
      orang dewasa aja juga butuh adaptasi setiap ganti lingkungan :)

      Delete
  7. Luar biasa ya pasti punya saudara yang spesial. Dan di balik keterbatasannya, ternyata dia memberikan banyak hal untuk sekitarnya. Memberikan tawa, memberikan kebahagiaan. Semoga Nia selalu sehat dan bisa mandiri dengan caranya yang spesial. Sabar buat kakak dan anggota keluarganya yang lain ya... keluarga hebat diberi kesempatan untuk mengasuh anak hebat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak marita atas nasihat dan apresiasinya :)
      semoga mbak dan keluarga juga selalu diberikan kebahagiaan, ya.
      amin ^^

      Delete
  8. Moga selalu sehat ya dek nia nya mba Heizy. Betul banget, jangan fokus pada kekurangan tapi semestinya fokus pada kelebihan... Thx 4 sharing, keep on blogging <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. keep blogging too kakak kiki :)

      Delete
  9. Nia pintar...
    Ah mbak keren, jadi kakak yg hebat umtuk Nia
    bisa seseruan sama adik sendiri emang bikih hepi ya mbak

    ReplyDelete
  10. salut kak...... aku jadi bangga dengan kakak yang bisa memahami adik dengan kebutuhan khususnya. Ada lho keluarga yang tak bisa menerima... aku salut kak.... sekali lagi aku angkat topi. semangat Nia sungguh luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal kehadiran nia dulu juga ada beberapa kaluarga yang tidak menerima, kak. wajar, sih.

      saat itu, sedih, syok dan semua macam rasa yang kami rasakan ternyata membawa kita pada titik puncak penerimaan. Bahwa apa yang kami punya, apa yang diberikan Tuhan adalah yang terbaik :)

      Delete
  11. Tetap semangat mbak. Semoga Nia jadi anak yang sehat, sholihah dan mampu menemukan keunikannya sendiri. Biasanya anak berkebutuhan khusus cenderung pintar. Tinggal dukungan dari keluarga dan ortunya aja. Salam buat Nia ya.

    ReplyDelete
  12. Berarti kamu kakak yang penyabar dan penyayang ya Kak. Mendampingi Nia ke mana pun dia pergi, dan semoga dimudahkan membimbingnya mencapai kemandirian. Aku jadi ingat adik teman di Jakarta yang juga mengalami down syndrome. Adik itu akhirnya mendapat pelatihan life skill yang sangat membantu kemandiriannya. Semangat ya Kak buat menemani Nia dan Nia selalu sehat dan makin pintar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan anak down syndrome memang memiliki IQ dibawah rata-rata, kak.
      jadi untuk perkembangan akademis nia, aku ikhlas dan realistis aja.
      maka dari itu, entah nia anak anak sindrom lainnya, selalu dibekali life skill untuk bekal kehidupannya ^^

      Delete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys πŸ’™

Powered by Blogger.