[BOOK REVIEW] Oscillate Karya Raden Chedid


Review Novel Oscillate



"I go to books and to nature as the bee goes to a flower, for a nectar that i can make into my own honey"

- John Burroughs -


[BOOK REVIEW] Oscillate Karya Raden Chedid - Sejak kenal wattpad, aku jadi punya kebiasaan membaca sebelum tidur. Kecuali benar-benar ngantuk dan mata nggak bisa di ajak kompromi.

Bersyukur hobi membacaku ini mengarah pada hal positif. Selain melatih konsentrasi, manfaat membaca buku lainnya yaitu menambah wawasan, mengurangi stres dan memperkaya kosakata.

Buku adalah jendela dunia!

Dengan membaca, aku jadi mengenal dunia luar melalui tulisan. Mengerti beberapa istilah kedokteran, mengenal beberapa tempat di luar negeri, tahu tren kehidupan masa kini dan masih banyak lagi.

Uniknya, aku suka banget sama bau kertas pada buku baru. Aroma kertas yang menyeruak ketika masuk toko buku ituuuu.. beneran bikin nyaman loh. Kayak seger gitu. Ada yang samaan nggak?

Oke, 'Book Shiffer' detected!

Dan kebetulan, aku akan bercerita tentang novel wattpad terbaru dari Raden Chedid. Penulis muda yang karyanya telah dibaca 2,4 juta kali di wattpad.

Penasaran nggak bagaimana pemilik nama asli Hana Margaretha ini menuangkan imajinasinya dalam rangkaian kata-kata? Oke, kita bahas sekarang.

REVIEW NOVEL OSCILLATE, The Big Secret



Review Novel Oscillate

Judul Buku : Oscillate
Penulis : Raden Chedid
Genre : Teen Fiction
Penyunting : Larasati Fitriani
Penyelaras Akhir : Danas dan Four Ririn
Pendesain Sampul : Wirawinata
Penata Letak : DewickyR
Penerbit : Loveable
Terbit : Cetakan Pertama, 2018
ISBN : 978-602-5406-82-9
Tebal: 300 halaman
Harga : Rp89.500 (Pulau Jawa)

Masih seputar kisah remaja dan romansa kehidupan anak SMA yang menyimpan misteri juga teka-teki.

Semuanya bermula ketika...

SMA Galaksi 5 kedatangan siswi baru, Charlotte de Sakura.  Cewek blesteran Amerika-Rusia-Belanda-Indonesia. Yang kemudian bertemu dengan pentolan sekolah, Muezzanden Saddaru. Cowok cuek, dingin, jomblo, tapi untungnya ganteng dan respect banget sama makhluk bernama cewek.

Dari pertemuan tidak sengaja itulah, Sakura dan Saddaru menjadi dekat. Saddaru juga menjadi yang pertama tahu akan kelemahan Sakura.

Kerap di-bully oleh teman-teman sekelasnya karena tampilan fisik yang berbeda, membuat Sakura tidak betah dan ingin berhenti sekolah saja. Namun dia tidak mau jika harus kembali homeschooling.

Dengan segala perhatian dan kenyamanan yang ditawarkan Saddaru, perlahan Sakura merasa aman dan terlindungi. Sebab jika Saddaru mengetahui atau mendengar ada yang menyakiti Sakura, maka tidak ada ampun untuk mereka.

Namun dalam sebuah hubungan yang melibatkan perasaan, segala sesuatunya akan berubah rumit. Begitu juga yang di alami oleh para tokoh dalam novel wattpad romantis ini.

'JAGAIN JODOH ORANG!'


Mungkin itulah istilah yang tepat untuk disandang oleh Saddaru. Dekat nya dengan siapa, pacaran nya sama siapa 💣

Kematian mama Dion -salah satu sahabat Saddaru- membuat keadaan berbalik. Rasa simpati Sakura yang ditangkap berbeda oleh Dion membuat letupan kecil dihatinya muncul.

Sakura yang polos dan buta akan cinta, menerima saja ketika Dion meminta menjadi kekasihnya. Sakura pikir, menjadi pacar Dion bukanlah masalah besar, karena dia ingin Dion bangkit dan kembali bersemangat.

Sakura bahkan terus saja menempel pada Saddaru, mencari Saddaru ketika butuh pertolongan, pergi kemanapun ingin ditemani Saddaru, bahkan ketika berkunjung ke studio tempat Zhynix latihan - nama band Saddaru dan sahabat-sahabatnya, Dion, Figo, Alan- Sakura memilih duduk disamping Saddaru, bukan Dion yang notabene adalah kekasihnya.

Figo yang tergolong peka tapi slenge'an, sudah menduga adanya cinta segitiga yang melibatkan dua sahabatnya itu. Tapi kalau boleh jujur, Figo lebih suka Sakura bersama Saddaru. Figo malah mendeklarasikan diri sebagai Sadkura Fans -Saddaru dan Sakura shipper katanya- hahaha

Review Novel Oscillate
Raden Chedid berhasil membawaku kembali pada kisah labil masa-masa SMA.

Saat membaca novel yang di adaptasi dari cerita wattpad ini, aku jadi membayangkan bagaimana perasaan Saddaru ketika cewek yang dia suka malah jadian sama sahabatnya. Bagaimana bingungnya Sakura akan perasaan nya sendiri.

Ah, khas kisah anak SMA sekali. Kegalau-an remaja pada umumnya yang terjangkit virus merah jambu. Gegana. Gelisah Galau Merana!


Walau novel ini ber-genre teen fiction. Namun kisah yang di sajikan idak hanya berpusat pada romansa anak SMA.

Ada konflik yang melibatkan keluarga, kematian dan sedikit kekerasan dalam lingkungan masyarakat. Complicated.


SOLIDARITAS NOMOR SATU


Bagi anggota Zhynix, sahabat adalah segalanya. Mereka selalu ada untuk satu sama lain. Bahkan keakraban mereka lebih kental daripada darah.

Contohnya :

Ketika Sakura di-bully habis-habisan oleh teman sekelasnya, Dion, Saga, Figo dan teman sekelas '4 Sekawan' ini (minus Saddaru karena masih dirawat di rumah sakit),  datang membalas perlakukan mereka terhadap Sakura. Bahkan Dion, Figo dan Saga (yang sedikit tidak suka pada Sakura) rela menghadap kepala sekolah supaya Sakura tidak di izinkan untuk pindah.

Tapi mereka terlambat, sebab Sakura sudah pindah sekolah karena mama Sakura tidak mau anak-nya tertekan dan depresi jika tetap bersekolah di SMA Galaksi 5.

Sedang Saddaru, walau 'terpaksa' ikhlas melepaskan Sakura bersama sahabatnya, namun misteri kematian Alina seakan menarik Saddaru kembali terhubung dengan cewek light blonde itu.

Seolah memberi petunjuk. Alina sengaja mengangggu Sakura dengan mimpi-mimpi aneh yang dikirim setiap malam. Hingga terkuaklah penyebab kematian seorang Alina Respazia.

Ah, ada saran nih untuk kalian yang sudah membeli, ingin membeli atau sedang membaca review novel Oscillate karya Raden Chedid ini.

Ketika memasuki bab tentang misteri kematian Alina, sebaiknya jangan membaca malam hari ya. Suer, merinding bulu roma.

Penulisnya bisaan banget bikin orang takut. Seolah Alina juga berada di sekitar kita. Ah, kenapa juga Sakura bisa ngeliat mahluk beginian. Mana pake kesuruapn segala lagi. Duh. 🙈

Namun lagi-lagi selalu ada duri dalam daging. Seorang sahabat yang terlihat seperti malaikat ternyata punya hati kropos.. Hanya karena cemburu Alina lebih memilih Saddaru, Dion tega mengambil kesucian Alina. Hingga membuat cewek yang diam-diam juga disukai oleh Saga itu depresi kemudian memilih mengakhiri hidupnya.
Tidak ada yang menduga bahwa tersangka yang mereka buru selama ini selalu berada di dekat mereka. Dan karena ketidakpekaan itulah, seseorang yang tidak bersalah jadi kambing hitamnya.

Davila Naraka. Sepupu Saddaru sekaligus ketua gank Deathrow.

CONCLUSION



Review Novel Oscillate
Seni untuk mengasah pikiran agar tetap tajam adalah dengan membaca!

Dan buku ini membuatku sadar, bahwa bersikap 'bodo amat' - seperti yang dilakukan Saddaru- ternyata tidak selalu menguntungkan. Akan ada banyak hal yang kita lewatkan. Walau reaksi tersebut muncul karena rasa kecewa, namun sikap dewasa serta perasaan ikhlas juga harus di pertimbangkan.

Mengenai jodoh, bukankah tulang rusuk selalu kembali pada pemiliknya?

Yah, meski jalan nya berliku dan harus ditikung teman dulu. Tetapi jodoh nggak mungkin ketuker 'kan?

Buktinya Saddaru dan Sakura akhirnya bersama. Picisan memang. Tapi inilah adanya.

Berkat buku ini juga aku jadi paham, kalau keluarga adalah segala-galanya. Tempat kita berbagi kebahagiaan, termpat kita berkeluh kesah, tempat kita belajar, juga tempat kita pulang.

Seperti yang digambarkan oleh Sakura dan Nolan.

Terakhir, sekedar info saja untuk kalian.

Novel Oscillate karya Raden Chedid ini telah dibaca sebanyak 2,4 juta kali di wattpad dan akan segera dibuat sekuelnya loh.

Jadi nggak sabar deh sama kelanjutan kisah Saddaru dan Sakura juga ulah apalagi yang akan Davila rencanakan.

By the way, kalian tim #SaddaruSakura atau tim #SakuraDion ?


[BOOK REVIEW] Oscillate Karya Raden Chedid [BOOK REVIEW] Oscillate Karya Raden Chedid Reviewed by Heizyi on April 23, 2019 Rating: 5

2 comments:

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.