Found : 11 Menu Sahur Bikin Kenyang Lebih Lama


Menu Sahur Mengenyangkan Tahan Lama


"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa"

- Al-Baqarah : 183 -


Found : 11 Menu Sahur Bikin Kenyang Lebih Lama - Sahur pertama 2019 sudah dimulai pada Senin dini hari lalu. Sejauh ini, sudah menyiapkan menu sahur ala anak kos atau menu sahur sederhana untuk diet? 😅✌

Sebagai orang Indonesia yang akrab dengan istilah "Belum Kenyang Kalau Belum Makan Nasi," akan terasa hampa jika tidak menemukan makanan wajib tersebut saat santap sahur. Namun sebaiknya, asupan karbohidrat agar di kurangi saat akan menjalankan ibadah puasa tahun ini. Meskipun karbohidrat adalah sumber energi terbaik bagi tubuh, namun mengkonsumsi karbo terlalu banyak saat berpuasa akan membuat badan terasa cepat lemas.

Nah, supaya waktu sahur tetap semangat dan badan kuat selama berpuasa, aku punya tips nya nih. Disimak ya :

1| Jangan Makan Terlalu Banyak
2| Minum Air yang Cukup
Kalau kata kakek ku, "Minum yang banyak supaya puasa nya kuat."
And that is proven!

Karena selain mencegah kekurangan cairan dalam tubuh, manfaat air putih lainnya saat puasa adalah untuk mencegah stres, detoks alami dan penawar racun paling alami yang pernah ada. Jadi, jangan lupa dua gelas air putih saat sahur, dua gelas air putih saat berbuka dan empat gelas air putih saat malam hari.

Walau resiko nya harus bolak-balik kamar mandi, tapi itu lebih baik 'kan dari pada dehidrasi?

3| Hitung Komposisi Seimbang Antara Karbohidrad, Protein dan Lemak

Setidaknya harus ada 40-50% karbo, 25-30% protein dan 25-30% lemak!

Meski bukan pakar gizi, intinya, jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbo dan sediakan menu sehat untuk sahur.

Lalu, selain tips kuat puasa tadi, apa makanan sahur paling tahan lama dan mengenyangkan?

1| OATMEAL


Oatmeal Menu Sahur Paling Tahan Lama dan Mengenyangkan
Posisi pertama sebagai makanan sahur paling tahan lama ditempati oleh oatmeal. Selain tinggi serat, baik untuk kesehatan jantung, mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan mood (karena mengandung vitamin B6) dan meningkatkan sistem imun. Kandungan glukosa yang terdapat pada oatmeal sangat berguna sebagai cadangan energi saat berpuasa loh.

2| QUINOA


Quinoa Menu Sahur Paling Tahan Lama dan Mengenyangkan
Masih sebangsa dalam makanan diet untuk puasa, quinoa juga tergolong menu sahur paling awet karena bebas gluten, tinggi protein dan mengandung asam amino esensial


3| SAYUR SOP


Sayur Sop Menu Sahur Paling Tahan Lama dan Mengenyangkan
Alasan orang pada umumnya malas makan sahur adalah mengantuk, males makan sendiri, masih kenyang  atau 'sepi.'

Meskipun makan sahur hukumnya tidak wajib, namun ada baiknya tetap melakukan nya supaya tubuh tetap stabil, punya energi untuk beraktivitas seharian juga agar kegiatan subuh nya tidak lalai.

Mungkin makan sahur yang lezat bisa di siasati dengan menyantap sayur sop. Selain hangat dan menyegarkan, sebuah study dari Pennsylvania State University menemukan sekelompok wanita bisa mengkonsumsi 100 kalori lebih sedikit saat lunch ketimbang wanita yang makan nasi saat breakfast berkat seporsi sup sayur saat sarapan. Wah, perlu dicoba nih ^^.

4| BUAH-BUAHAN


Buah yang cocok untuk menu sahur
Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat dan tinggi kadar air nya saat makan sahur akan sangat membantu tubuh untuk tetap fit sepanjang hari selama berpuasa.

Misalnya buah Apel dan buah Pir. Kandungan vitamin, mineral dan kalsium di dalamnya sangat berguna bagi tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Sedang sebuah penelitian mengungkap bahwa buah Alpukat yang juga tinggi serat, mengandung lemak baik, vitamin E, folat dan potassium dipercaya lebih mengenyangkan dan mampu meng'hipnotis' otak untuk menahan rasa lapar di siang hari.

5| KURMA


Kurma Menu Sahur Paling Tahan Lama dan Mengenyangkan
Supaya kadar gula dalam darah tetap stabil selama seharian menjalankan ibadah puasa - sebab kurma mengandung zat gula seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa-  sebaiknya juga sediakan 2-3 butir kurma sebagai menu sahur praktis ya ^^.

6| TELUR


Telur Rebus Menu Sahur Paling Tahan Lama dan Mengenyangkan
Telur juga termasuk dalam menu sahur yang bikin kenyang lebih lama loh. Beberapa butir telur saat sahur akan membuat tubuh mampu menahan lapar lebih lama. Makanan diet sehat ini juga mengandung protein tinggi.


7| NASI MERAH



Nasi Mera Menu Sahur Paling Tahan Lama dan Mengenyangkan
Nasi atau beras merah sebenarnya berada pada urutan ketiga setelah oatmeal dan quinoa sebagai makanan sahur paling tahan lama.

Red rice termasuk dalam golongan makan dengan serat tinggi, mengandung karbohidrat kompleks juga memiliki indeks glikemik.

Indeks glikemik tersebut membuat proses penyerapan gizi dalam tubuh berlangsung secara perlahan. Itu sebabnya banyak manusia diet yang menggunakan nasi merah sebagai bahan utama makanan mereka. Bahkan jika seseorang makan sahur menggunakan nasi merah, mungkin baru akan merasa lapar jika mendekati waktu berbuka. Eits, tapi syaratnya. Makan nasi merahnya harus mepet imsak ya 😋

8| DARK CHOCOLATE


Dark Chocolate Menu Sahur Paling Tahan Lama dan Mengenyangkan
Cokelat tidak pernah salah!

Pernah mendengar quote seperti ini?

Yups, cokelat kebanyakan digunakan sebagai makanan diet dan dipercaya bisa bikin kenyang. Itu betul! Sebab senyawa yang terdapat dalam dark chocolate berguna untuk menghambat proses pencernaan makanan. Sehingga jika kita mengkonsumsinya saat sedang sahur, maka kemungkinan tubuh kita merasa lapar pada siang hari sangatlah kecil.

9| KACANG-KACANGAN


Kacang - kacang Menu Sahur Paling Tahan Lama dan Mengenyangkan
Nah, jenis kacang-kacangan seperti buncis, kedelai, kacang tanah dan kacang hijau ternyata bisa membantu melancarkan sitem pencernaan dalam tubuh loh.

Kok bisa? karena dalam kacang-kacangan terkandung serat yang berlimpah.

Protein yang terdapat dalam kacang-kacangan ternyata juga bisa membantu memperbaiki sistem jaringan tubuh.

One more, kacang-kacangan juga termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan baik di konsumsi saat sahur supaya tidak mudah lapar!

10| SALMON & TUNA


Ikan Salmon dan Ikan Tuna Menu Sahur Mengenyangkan Tahan Lama
Jenis ikan seperti Salmon dan Tuna yang dikukus atau dipanggang mengandung lemak baik yang sangat berguna bagi tubuh dalam proses menurunkan kolesterol dalam darah. Lauk awet untuk sahur ini ternyata tinggi omega 3 loh.

Bahkan, seporsi salmon ekstra16 kalori bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D setiap hari. Beneran nggak perlu di ragukan lagi 'kan manfaat ikan salmon dan ikan tuna walau harga nya mahal 😅

11| GREEK YOGURT


Greek Yougurt Menu Sahur Paling Tahan Lama dan Mengenyangkan
Greek Yogurt adalah salah satu jenis makanan sahur sehat karena mengandung protein, probiotik dan rendah karbohidrat. Jadi, jika mengkonsumsi greek yogurt saat sahur dipercaya bisa menahan haus dan kenyang lebih lama.

***


Nah, saat menjalankan ibadah puasa, tubuh dituntut untuk tetap aktif dan berenergi. Walau daftar makanan diatas adalah menu sahur yang bikin kenyang lebih lama. Sebaiknya hindari menu sahur tidak sehat seperti makanan pedas, asin, berlemak, makanan instant (kalengan), kopi, teh juga sejenis cemilan yang mengandung gula sederhana seperti kue dan biskuit.


Dikutip dari Detik Health, makanan sahur paling tahan lama adalah makanan yang mengandung  karbohidrat kompleks karena proses pencernaan nya tergolong lama. Seperti oatmeal, gandum, beras (nasi) merah, jagung, quinoa, ubi, kentang dan biji-bijian.

Ah, pantesan tahun lalu Hamish Daud oke-oke saja dikasih makan sahur oatmeal sama Raisa -masih ingat postingan Raisa di instagramnya 'kan?- ternyata banyak sekali toh manfaat oat untuk tubuh selama puasa 😊 Eh, kok malah ghibah sih? 😀

Jadi, besok mau sahur pakai apa?

Found : 11 Menu Sahur Bikin Kenyang Lebih Lama Found : 11 Menu Sahur Bikin Kenyang Lebih Lama Reviewed by Heizyi on May 08, 2019 Rating: 5

7 comments:

  1. saya kalo makan alpokat bisa kenyang, tambah cereal kayaknya udah cukup untuk sahur

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mantep banget santap sahurnya, pasti puasa nya aman sampai malam :)

      Delete
  2. Pas banget nemu postingan ini di awal awal bulan Ramadhan. Soalnya kadang bingung mau nyiapin menu sahur apa yang bikin saya dan partner nggak cepat merasa lapar pada saat dzuhur belum datang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan semoga, dari 11 menu diatas, ada yang jadi menu favorit saat sahur ya ^^

      Delete
  3. aku pernah yaaa makan oat utk sarapan. lengkap ama super food kayak almond, kurma , dan bbrp topping lain. seriuuus sih, itu ngenyanginnya nampooool bgt mba, ampe siang ga lper juga hahahaha.. bagus memang :D. cuma sayangnya suami prnh diksh, dia ga doyan -_-..

    aku mau bikin menu ini, tp kyknya mau nyetok yoghurtnya ama buah utk topping. krn oat kalo dimakan gt aja aku ga sanggub hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. beneran nggak sanggup ya kalau makan oat nya doang. SAMAAN kita ^^

      Delete
  4. Dark chocolate? Apa nggak sakit perut ya, pagi-pagi makan cokelat pahit?

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.