Apakah Staycation Itu? Lebih Asyik Sendiri atau Rame-rame?


Staycation itu apa

 

"Stay in. Unplug. Restore."

- Unknown -

Staycation Itu Apa? - Staycation adalah konsep liburan yang sedang tren saat ini. Berasal dari kata Stay (tinggal) dan Vacation (liburan), Staycation bisa diartikan liburan di kota sendiri.

Menurut Wikipedia Inggris, Staycation merupakan kegiatan berlibur yang dilakukan oleh seseorang atau keluarga di sebuah tempat tertentu yang tidak terlalu jauh dari rumah dan hanya membutuhkan waktu perjalanan sehari saja serta tidak memerlukan akomodasi semalam.

Jika dilihat dari definisinya, mungkin konsep liburan seperti ini dinilai kurang seru juga sedikit mendapat pengalaman. Namun jangan salah, selain hemat budget, liburan ala staycation punya ragam manfaat yang perlu kamu tahu, lho. Apa saja? Yuk, kita kulik satu persatu alasannya dibawah ini 😎

Baca Juga: Lost In Malioboro

Apa itu staycation
 

MANFAAT STAYCATION

 

1. Relaxation

Walau tidak terlalu jauh dan hanya dalam kota tempat tinggal, staycation bisa memberikan efek tenang, lho.

Nggak percaya?

Dengan melakukan staycation, berarti kamu akan terhindar sejenak dari rasa bosan dan tumpukan pekerjaan. Hal ini bagus untuk mengembalikan mood yang terlanjur kacau akibat stres.

2. Hemat Dana dan Waktu

Karena tidak perlu melakukan perjalanan jauh, staycation sendiri bisa lebih menghemat dana serta tidak boros waktu.

Meski begitu, kamu tetap bisa kamu mendapat sensasi dari liburan tersebut jika memilih staycation hotel sesuai nominal tabungan 😁

3. Quality Time Together

Staycation family bisa jadi pilihan terbaik untuk melakukan liburan bersama keluarga ataupun pasangan.

Menikmati sekaligus menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang bisa jadi ajang bonding time guna mengganti kebersamaan yang sering terlewat akibat sibuk mengurus pekerjaan, lho 🤗

4. Nggak Capek di Jalan

Manfaat staycation lainnya yang bisa jadi pertimbangan jika hendak liburan adalah cara mengatasi masalah selama perjalanan.

Berhubung vacation nya nggak jauh-jauh amat, jadi kamu bebas dari drama pegal-pegal, anak rewel hingga sakir selama perjalanan, bosan menunggu jadwal penerbangan maupun lelah dengan kemacatetan.

5. Kids Friendly

Ditengah pandemi seperti saat ini, selain orang dewasa, anak-anak juga pasti merasa bosan akibat terlalu lama di rumah saja.

Maka dari itu, ide liburan tipis-tipis ini bisa menjadi penawar kebosanan tanpa harus meninggalkan jadwal daring anak-anak yang padat.

6. Jadi Turis di Kota Sendiri

Dilihat dari pengertian staycation itu apa, jelas kamu akan menjadi turis di kota sendiri.

Walau terdengar agak konyol, namun belum tentu kamu kenal semua daerah yang ada di kota sendiri.

Nah, agar serasa liburan pada umumnya, boleh kok menyusuri jalan di sekitar penginapan, berjalan kaki ke tempat hiburan paling dekat. Atau jogging di sambil keliling kota. Pasti seru 😍

7. Itinerary Mudah Disusun

Menyusun budgeting dan itinerary untuk staycation sendiri jauh lebih mudah dibanding traveling pada umumnya.

Waktu yang singkat, jarak yang tidak terlalu jauh serta barang bawaan yang hanya segelintir tentu memudahkan segalanya.

Kamu hanya perlu membawa baju ganti secukupnya, keperluan lain yang dianggap penting dan pastikan rumah aman ketika ditinggal pergi pemiliknya.

Baca Juga: Backpackeran Ke Jakarta? Why Not!

Manfaat staycation

STAYCATION TIPS IDEAS

Lalu, bagaimana caranya supaya staycation tetap seru sekalipun hanya seorang diri? Nah, dikutip dari berbagai sumber, ternyata a staycation experience bisa kamu peroleh selama tubuh dan pikiran merasa rileks.

Oleh karena itu, agar liburan mu yang hanya sedekat masa lalu *eh, ada baiknya ikuti beberapa tips ini, ya.

Ready? here we go 🚗

1. Pilih Destinasi Mengagumkan

Masih ingat, kan staycation artinya apa?

Sekalipun berada dalam satu kota dengan tempat tinggal, tidak ada salahnya memilih hotel, homestay atau penginapan yang jauh lebih nyaman dibanding kamar tidur pribadi.

Ngapain juga pindah tempat tidur kalau ujung-ujungnya sama seperti di kamar sendiri. Kecuali pemadangan yang ditawarkan staycation hotel bisa membuat mu berdecak kagum.

Nah, agar staycation tidak membosankan, kamu perlu memilih destinasi yang benar-benar memberi suasana dan nuansa berbeda dari rumah tinggal sehari-hari.

Pastikan juga lokasinya strategis, tidak terlalu jauh dengan pusat perbelanjaan atau restoran sehingga kamu tidak perlu keluar ongkos lagi jika membutuhkan sesuatu.

2. Ajak Teman, Keluarga atau Pasangan

Staycation adalah solusi liburan terbaik ditengah pandemi seperti saat ini. Rasa bosan yang membuncah bisa diobati dengan staycation family. Dari pada ngomong sendiri, kan mending ajak teman, kerabat, orangtua atau bahkan pasangan. Betul?

3. Teliti Saat Booking Hotel

Tentu kamu paham, kan jika harga hotel itu selalu berubah-ubah setiap waktu. Antara weekday dan weekend saja tarrif nya sudah pasti berbeda.

Agar tidak zonk, pastikan dengan teliti harga yang kamu bayar sudah termasuk pajak, sarapan dan biaya lainnya.

4. Maksimalkan Fasilitas

Ini dia tips staycation yang perlu benar-benar kamu terapkan. Mengapa? ya jelas biar nggak rugi dong. Sayang banget sudah bayar mahal tapi fasilitas mewah diabaikan begitu saja.

Bukankah a staycation experience menakjubkan adalah liburan yang mengesankan. Jadi jangan lewatkan apapun fasilitas hotel yang bisa membuat kembali besemangat setelah masa staycation habis 😎

Baca Juga: Macam-macam Transportasi Favorit Pilihan Masyarakan Indonesia

a staycation experience

Setelah memahami staycation itu apa serta mengetahui bagaimana manfaat nya bagi kesehatan jiwa, pasti kamu makin nggak sabar, kan untuk menciptakan momen seru dengan stay sekaligus vacation di suatu tempat yang indah?

Kebetulan, nih. Mumpung akhir tahun sekaliian libur natal, ada banyak promo hotel murah yang bisa kamu jadikan pilihan tempat menginap, lho.

Walau pandemi belum tuntas, namun beberapa hotel sudah menerapkan protokol kesehatan. Sejak memasuki era tatanan kehidupan baru, beberapa destinasi wisata pun telah dibuka.

Jadi, mau staycation dimana, sama siapa dan ngapain aja? share cerita seru kamu pada kolom komentar dibawah ini, ya.

Take your time, guys 💫


Apakah Staycation Itu? Lebih Asyik Sendiri atau Rame-rame? Apakah Staycation Itu? Lebih Asyik Sendiri atau Rame-rame? Reviewed by Heizyi on December 17, 2020 Rating: 5

36 comments:

  1. Kak Elok aku kaget, kirain itu kakinya kak Elok.. kok berbulu :))
    Akuuu kanget Staycation jugaaa!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha.... bukan dong. itu kaki orang yang lagi staycation dibawah langit biru kak ^^ wkwkwk

      Delete
  2. Beberapa kali saya staycation sama keluarga kecil tercinta saat mau liburan. Waktu mau ke Pantai Indah Kapuk, sengaja saya cari tempat penginapan yang dekat lokasi, jadi gak capek di jalan. Lalu saat main ke Ragunan, saya juga cari penginapan yang dekat lokasi. Pokoknya staycation itu sangat menyenangkan, asalkan kita tau triknya.

    Makasih infonya bermanfaat 👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalao penginapan yang dipilih dekat objek wisata atau mall, pasti lebih hemat uang. iya, kan kak? :)

      Delete
  3. waaah....dari dulu kita sering banget staycation, baik sendirian atau bareng walimurid duoK

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyiiiiiik.... makin rame lebih seru ya kak ^^

      Delete
  4. Kalau staycation aq lebih suka rame2 kak kayaknya lebih seru aja gitu.
    Lagian staycation bisa jadi pilihan saat penat melanda dan lebih enak karena perjalanan yang ditempuh nggak terlalu jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih.
      karena kalau sendiri seperti sedang melarikan diri ya >.<

      Delete
  5. uuu kalau aku sih staycation sendiri dan rame2 tetep sama2 suka kok
    mari kita nikmati proses dan momen yang berbeda

    ReplyDelete
  6. Kalo aku lebih suka sama temen hehe

    ReplyDelete
  7. kalau diriku staycation enaknya sih bareng ama nyonya rumah hehehe kalau ngga ya sendiri, kalo rame rame malah adaaaa aja kegiatannya, malah ngga sempet menikmati staycationnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya. kalo nyonya gak diajak bisa berabe ya pak ^^

      Delete
  8. Selama pandemi Krn aku ga bisa traveling jauh2 dulu, jadinya yg aku lakuin staycation rutin mba :D. Sebelum pandemi biasanya bareng keluarga ngelakuin staycation sebulan sekali. Tp sjk pandemi malah bisa 3x sebulan :D.

    Buatku staycation memang bisa banget jd pengganti jalan2. Apalagi kalo dpt hotel yg unik, dan kamarnya bagus. Nyamannya dapet, bikin rileks juga.

    Tp selama pandemi aku pastiin kok cari hotel yg bener2 nerapin protocol covid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pandemi emang ngerubah segalanya ya mbak. tapi bagaimana pun itu, stay safe ya. pastiin destinasi staycation aman dan sesuai protokol kesehatan :)

      Delete
  9. Staycation yg deket2 aja deh pastinya sama keluarga, yaitu suami dan anak partner yg selalu ada kapanpun dan dimanapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... boyongan ya mbak ^^
      tapi gak pa-pa, itung-itung sekalin bonding time barenag keluarga

      Delete
  10. Aku biasanya staycation sama anak-anak. Sekalian family time tanpa repot masak, piring kotor, dsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeps, bener banget. paket komplit nih mbak. sekalian bonding time bareng anak-anak ya

      Delete
  11. Nah staycation ini yg gak bikin kantong bolong. Selain bisa ngilangin kepenatan, dgn staycation juga kita dimanjakan dgn suasana baru. Jd kangen pgn staycation bareng keluarga lagi nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuuuuuuu!!
      meski deket aja, tapi lumayan ngilangin stre dikit.

      Delete
  12. Sejauh ini aku belum merencanakan staycation mbak...masih nyaman di rumah sambil gowes tiap sore lewat pinggir pantai atau belakang hotel. Pantas saja semenjak ada diskon besar2an di hotel yang ada di Bali tiap menjelang libur hotel2 itu pada ramai pengunjung. Rupanya hotel2 di Bali dimanfaatkan oleh maayarakat Bali untuk staycation bareng keluarga ya
    ....ah jadi pengen merasakan staycation bareng keluarga di daerah sendiri. Pasti seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh, mbak yuni dari Bali?
      asying dong bisa gowesan tiap sore ditemani angin sepoi-sepoi dari pantai

      duh,kalo yang kayak gini gak usah staycation juga udah bisa refrehing tipis-tipis mbak ^^

      Delete
  13. Kalau saya staycation serunya bareng keluarga dan teman-teman. Bisa seseruan bareng. Kalau sendiri biasanya pas lagi patah hati atau lagi pengen bikin puisi haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... dimana-mana yang namanya galau emang enak sendiri dan sepi ya mbak. staycation ini cocok untuk itu ^^

      Delete
  14. Sssst...aku lagi jenuh banget nih. Kemarin kepikir gini, mau staycation sendirian aja. Engga usah ama suami. Enak apa ga ya? Haha...Paling ntar kepikiran yg di rumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... jiwa emak-emak gak bisa diboongi banget ya mbak

      padahal niatnya cuma mau refreshing, tapi apa daya kalu selalu kepikiran yang di rumah. pulang udah, pulang >.<

      Delete
  15. Terakhir aku sekeluarga nginep juga nih, emang g perlu keluar kota orang jogja staycationnya din jogja juga. ambil yang pemandangannya adem dan asri. Joss banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, apalagi jogja ya mas. wes numplek-numplek seng jenenge penginapan. dari yang murah sampe mahal banget pasti ada ^^

      Delete
  16. iya sekaramg mah sebenernya gausah traveling jauh jauh, staycation aja bareng keluarga cari hotel yang ramah anak udah cukup banget sih buat refreshing.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau jalan-jalan mah staycation aja cukup ya. asal harus yang kids friendly kalo bawa bocah. biar tidak ada drama diantara pagi, siang dan malam :)

      Delete
  17. Aku tuh baru tahu ada istilah staycation, sekitar 2019. Padahal 2016 udah nemuin temenku kadang dia kabur ngga di asrama, tetapi di hotel sendirian 2-3 hari, buat menenangkan pikiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang istilah staycation sekarang makin populer mas. selain emang jadi tren traveling saat ini, istilah staycation juga banyak digunakan oleh artis maupun selebgram, makanya terkenal ^^

      Delete
  18. Zaman skr tuh staycation emang ngehits banget yah, kalau bobo di hotel bentaran masih sekota kan ga buang waktu yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul, hemat ongkos pula
      soale gak ngabisin bensin atau harus beli tiket pesawat
      wkwk

      Delete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.