11 Jenis Bahan Untuk Membuat Baju Gamis Terbaru 2021


Jenis Bahan Baju Gamis
 

"The joy of dressing is an art."

- John Galliano -

 
11 Jenis Bahan Untuk Membuat Baju Gamis Terbaru 2021 - Gamis atau jubah adalah pakaian muslim wanita yang banyak digunakan di negara-negara islam seperti Timur Tengah dan Arab Saudi. Berbentuk seperti baju kurung, pakaian ini kian populer seiring perkembangan fashion dunia.
 
Di Arab Saudi, baju gamis dikenal dengan nama Tsaub, Disydasya dan Kandurah. Sedang di Somalia, outfit ini populer dengan nama khomis.
 
Mengingat modelnya yang sangat tertutup, perlu diketahui jenis bahan yang bagus untuk gamis agar selalu nyaman dalam mengenakannya sekalipun sepanjang hari.

Nah, agar lebih jelas. Berikut daftar jenis bahan kain dan gambarnya yang perlu kamu tahu jika hendak membuat baju gamis:

1. Kain Sutra

Sudah banyak baju gamis yang menggunakan jenis kain halus, seperti kain sutra yang terbuat dari serat alami ulat sutra.
 
Berstekstur halus dan dingin, kain sutra merupakan salah satu bahan gamis syar'i yang adem serta mampu memberikan kesan yang elegan sekaligus mewah.
 
Kain sutra telah banyak dimanfaatkan untuk pembuatan busana resmi dan eksklusif, termasuk untuk bahan baju gamis pesta karena memang merupakan jenis kain terbaik dibandingkan jenis kain lainnya meskipun memiliki harga cenderung lebih mahal.
 
 
bahan gamis syar'i yang adem
 
 

2. Kain Sutra Cina

 
Jenis kain yang satu ini dibuat dari sutra yang ditenun secara sederhana. Kain sutra Cina cukup tebal namun bobotnya ringan, lembut dengan permukaan polos serta tidak memiliki tekstur.
 
Umumnya kain jenis ini tersedia dengan ukuran lebar 1,2 meter hingga 1,5 meter.
 

3. Kain Saudi

 
Jenis kain Saudi ini mempunyai karakteristik yang lebih halus dan dingin dibandingkan dengan sutra dari Cina.
 
Kain Saudi biasanya memiliki lebar 1,5 meter dan tersedia dalam berbagai warna pilihan, seperti ungu tua, pink, coklat tua, hijau toska, dan hitam. 
 

4. Kain Wolfis

 
Kain wolfis atau woolpeach adalah salah satu jenis bahan gamis syar'i yang adem karena tekstur kainnya yang sangat lembut, tebal dan juga tidak menerawang.
 
 

5. Kain Satin

 
Kain satin merupakan sintetis dari kain sutra yang dibuat dari serat buatan seperti polyester. Jenis kain ini memiliki permukaan bagian luarnya yang licin dan mengkilap. Kain satin biasanya banyak digunakan terutama untuk membuat baju gamis pesta muslim karena dapat memberikan kesan mewah, feminin, dan anggun.
 
baju gamis pesta
 

6. Kain Katun

 
Katun merupakan jenis kain populer yang banyak digunakan untuk membuat pakaian, termasuk baju gamis. Jenis bahan baju gamis ini memiliki banyak kelebihan. Diantaranya, terasa dingin, tidak mudah kusut, warnanya tidak mudah luntur, mudah menyerap keringat serta nyaman digunakan.
 
Selain itu, bahan baju gamis yang jatuh ini memiliki harga relatif terjangkau. Akan tetapi, kain katun juga memiliki kelemahan seperti agak sedikit kaku dan rentan sekali terhadap jamur. Oh iya, jenis kain katun yang sedang populer saat ini adalah bahan katun Jepang.
 

7. Kain Jersey

 
Kain jersey tergolong jenis bahan yang bagus untuk gamis karena bersifat dingin dan tidak mudah menerawang. Selain itu, jenis kain ini juga memiliki karakter yang tebal, elastis dan mudah jatuh.
 

8. Kain Serena

 
Kain serena merupakan jenis kain jersey dengan tingkat elastisitas tinggi yang memiliki harga lebih murah dibanding bahan dry fit lainnya.
 
Selain itu, kain serena bertekstur yang lembut, dingin, padat sehingga nyaman saat digunakan. Kain jenis ini banyak sekali digunakan dalam pembuatan kaos olahraga maupun seragam futsal.
 

9. Kain Jetblack

 
Kain jetblack, formal jetblack atau woolpeach jetblack adalah jenis kain wolfis yang khusus digunakan untuk bahan membuat baju gamis ataupun abaya.
 
Jenis kain ini memiliki permukaan polos dengan karakteristik lembut, ringan, dan tidak menerawang. Umumnya berukuran lebar 1,15 m dan hanya tersedia dalam satu warna saja, yaitu hitam.
 

10. Kain Shantung / Rayon

 
Bisa dikatakan, kain rayon atau kain shantung merupakan salah satu jenis bahan baju gamis yang jatuh sebab paling sering dijumpai dalam berbagai model pakaian muslim wanita.
 
Dengan karakteristik kain yang cukup lembut, halus dan juga dingin sehingga cocok digunakan untuk udara tropis seperti di Indonesia. Biasanya kain rayon digunakan untuk gamis bercorak batik cap maupun batik printing.
 

11. Kain Sifon

 
Kain sifon merupakan jenis kain yang agak tipis serta memiliki sifat lembut, halus, cenderung licin, namun terlihat kaku saat dilipat. Meski demikian, kain ini sangat cocok digunakan untuk gamis syar’i karena memiliki banyak pilihan warna yang menarik.
 
 
Setelah mengetahui berbagai jenis bahan yang bagus untuk gamis, kini kamu perlu mengunjungi toko tekstil terdekat untuk mendapat jenis kain sesuai keperluan.
 
Ingat, ya. Pastikan jenis bahan baju gamis yang akan kamu gunakan memiliki kualitas nomor satu sehingga nyaman ketika nanti mengenakannya.
 
Oh, iya. Jangan lupa juga temukan penjahit yang cocok dan mahir dalam mengolah berbagai macam jenis kain demi mendapat model baju layaknya keinginan.
 
So, let wakeup and dress up, girls 👗

11 Jenis Bahan Untuk Membuat Baju Gamis Terbaru 2021 11 Jenis Bahan Untuk Membuat Baju Gamis Terbaru 2021 Reviewed by Heizyi on February 11, 2021 Rating: 5

26 comments:

  1. Di antara banyak jenis Kain tersebut favorit saya tentu woolpeach dan katun. Tapi tergantung acara juga sih. Kalau acara formal biasanya pakai satin, sutra atau sifon juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, kak.
      jenis bahan kain bisa disesuaikan dengan tujuan acara ya
      jatohnya biar gak saltum :)

      Delete
  2. Ternyata jenis kain gamis banyak juga, ya. Saya baru tahu nih. Selama ini saya tahunya sutera, satin, katun, dan rayon. Pastinya yang paling mahal sutera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pak.
      banyak banget.
      tapi demi kenyamanan bisa disesuikan dengan tujuan acar atau pembuatan gamis. biar gak gerah
      hehe

      Delete
  3. Banyak juga jenis kain buat gamis ya Kak, aku tahunya sutra sama katun dan wolfis aja. Enak banget kalau tahu jenis-jenis bahan jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat mau bikin gamis. Kemampuan kantong terutama, hehe dan buat apa bikin gamisnya. Makasih infonya Kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak dong.
      kan bisa disesuaikan dengan acara dan tujuan pembuatan gamis itu sendiri

      Delete
  4. Paling suka buat gamis itu kian Sutra China sama bahan Jersey. Ya, gak panas dan nyaman di badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, aku juga suka yang dari bahan jersey. gak bikin gerah dan mudah menyerap keringat

      Delete
  5. Dari sekian banyaknya kain yang disebutkan, koleksi gamis yuni kalau nggak wolfis ya katun. Jarang banget pake gamis yang bahannya jersey akutu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe.... selera mah beda-beda ya mbak. senyamannya aja ^^

      Delete
  6. Banyak banget ya ternyata bahan bahan nya aku tau cuma katun aja hehe soalnya nyaman dipakai dan lembut

    ReplyDelete
    Replies
    1. katun ini adem dan paling nyaman sih menurutku.
      selain jersey maksudnya

      Delete
  7. Kalau untuk harian aku biasanya pakai gamis berbahan wolfis, jetblack, katun jepang dan rayon. Dua bahan terakhir paling favorit sih, adeem. Akhirnya gamisnya renggo, renggo kalau kata orang Jawa. Garing dinggo.. begitu kering langsung dipakai lagi, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alias cuci kering pakai ya kak ^^
      sama, aku juga kalau pakai baju favorit pasti renggo ^^

      Delete
  8. 7 dari 10 jenis bahan diatas sudah pernah aku bikin buat pakaian sendiri. Hehe. Karena dulu aku kuliah jahit dan pernah buka usaha jahit pakaian perempuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyiiiiiik
      selain pinter nulis, juga punya bakat jadi desaigner nih kakak nya :)

      Delete
  9. Baru tahu wolfis tuh dari woolpeach, astaga...haha...Orang dagang, biar cepet yah. Aku pilih yang engga nerawang engga nyeplak di badan dan adem. Apa ya...Mungkin ya wolfis itu...Yang lebarnya besar deh, supaya ngegunting polanya leluasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, penting tuh.
      selain nyari yang nyaman dan adem, harus gak nerawang juga kan

      Delete
  10. Sesungguhnya secara pribadi aku tuh harus megang kainnya dulu baru tanya nama jenis kainnya. Aku malah baru tahu tentang jenis kain saudi untuk bahan gamis. Penasaran pengen nyari dan megang biar eungeh sama tekstur kainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha.... sama!
      setelah raba kain, tanya harga, baru deh beli.
      itu pun kalau warnanya cocok, ya kak :)

      Delete
  11. aku lebih suka baju gamis dari bahan kain rayon sih. Lebih adem kayanya dibanding bahan lainnya yaaa.. eh tapi aku belom pernah nyobain bahan sutra sih, mungkin paling enak ya bahan sutra yaaa.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasanya pakai bahan sutra itu kalau untuk acara resmi atau acara penting, mbak.
      biar lebih formal aja :)

      Delete
  12. Aku baru tau kalo jenis kain buat gamis itu ada banyak jenisnya. Taunya paling beberapa doank soalnya agak jarang pake gamis hehehe...thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe.... iya
      banyak banget ternyata.
      dari mulai jenis, warna ataupun harga ^^
      tergantung selera dan tujuan acara

      Delete
  13. Dari semua jenis bahan baju gamis saya lebih nyaman menggunakan gamis berbahan kain shantung atau rayon ya Mbak. Soalnya lebih adem dan cocok dibawa beraktivitas di cuaca yang panas. Tfs yaa infonya

    ReplyDelete
  14. Jenisnya banyak juga ya kain untuk dijadikan gamis ini, kalau saya sering nemunya yang rayon, wolfis, saudi, jersey. Perlu memperhatikan jenis kainnya sih menurutku sebelum beli biar nyaman

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.