Hidup Ini Penuh Ketidakpastian, Itu Mengapa Asuransi Penting Untuk Masa yang Akan Datang


manfaat asuransi kesehatan


"Sedia payung sebelum hujan. Sedia lilin sebelum padam."

- Peribahasa Indonesia -

Memilih menjadi pekerja lepas tentu tidak semudah menghirup udara dan membuangnya. Walau jam kerja cenderung fleksibel, namun tidak bisa dipungkiri, freelancer juga butuh proteksi diri.

Selain harus pintar mengatur keuangan, berbagai macam tantangan pekerjaan berikut risiko nya pun tak dapat dihindari.

Sebagai seorang freelancer yang bekerja tanpa perlindungan layaknya orang kantoran, produk asuransi menjadi pilihan perlindungan diri guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dimasa yang akan datang.

Diketahui, asuransi adalah suatu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan oleh dua pihak dalam sebuah perjanjian dengan cara mengalihkan risiko dari pihak satu ke pihak lainnya. Dalam hal ini adalah perusahaan asuransi.

Nantinya, pihak tertanggung akan membayar iuran sebesar yang telah disepakati untuk kemudian mendapat penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kehilangan, kecacatan bahkan kematian terhadap risiko tak terduga.

Ibaratnya, sedia payung sebelum hujan. Yups. Walau tidak boleh mendahului takdir Yang Maha Kuasa, setidaknya selalu waspada adalah cara melindungi diri dari kemungkinan buruk yang bisa terjadi suatu hari nanti.

Sebenarnya, asuransi bukan hanya penting untuk pekerja lepas sepertiku. Namun juga sangat berguna bagi masyarakat pada umumnya. Tidak terbatas pada golongan usia, jenis kelamin dan kemampuan sosial. Sebab setiap produk asuransi memiliki manfaat dan besaran biaya yang berbeda-beda tergantung jenisnya.

Baca Juga: Mengapa Asuransi Penting Untuk Masa yang Akan Datang?

1| ASURANSI KESEHATAN

manfaat asuransi kesehatan

Asuransi jenis ini merupakan yang paling umum dan krusial terutama untuk golongan orang yang suka menunda-nunda olahraga dan sukanya begadang seperti aku.

Asuransi kesehatan adalah opsi paling tepat ketika badan mulai meronta namun keuangan sedang sekarat.

Selain biaya rumah sakit, rawat jalan, rawat inap dan ICU, manfaat asuransi kesehatan yang benar-benar dapat dirasakan adalah biaya harian rumah sakit yang sangat terjangkau. Eits, tapi semua tergantung produk asuransi dan premi yang dipilih, ya 👌

2| ASURANSI JIWA

manfaat asuransi jiwa

Memiliki asuransi jiwa bukan berarti pasrah akan takdir yang Maha Kuasa berikan? No!

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang melindungi seseorang dari risiko kematian. Jadi, sekalipun waktunya telah tiba, setidaknya persiapan yang sudah dilakukan tidak sia-sia.

Terutama bagi para pencari nafkah yang memiliki tanggungjawab terhadap keluarga, manfaat asuransi jiwa akan sangat terasa sebagai peninggalan atau warisan kepada keluarga yang ditinggalkan demi melanjutkan hidup maupun guna mengurangi beban yang belum selesai

3| ASURANSI PENYAKIT KRITIS

manfaat asuransi bagi masyarakat

Serupa dengan asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis fungsinya meng-cover seluruh atau sebagian biaya rumah sakit jenis penyakit tertentu.

Penyakit yang dimaksud ialah penyakit yang memiliki risiko kematian paling sering seperti jantung, stroke dan kanker.

4| ASURANSI KECELAKAAN DIRI

Mirip dengan manfaat asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri juga menanggung biaya perawatan dan rumah sakit yang diakibatkan oleh kecelakaan. Uang pertanggungan dari asuransi kecelakaan dapat diklaim jika yang bersangkutan meninggal atau mengalami cacat total akibat kecelakaan tersebut.

5| ASURANSI KENDARAAN

manfaat asuransi jiwa dan kesehatan

Asuransi kendaraan (mobil) biasanya berfokus pada biaya ganti rugi pada kendaraan yang  mengalami kecelakaan, pembobolan atau risiko lainnya. Produk ini bisa dibeli terpisah dengan pembelian kendaraan.

Selain itu, asuransi kendaraan juga berlaku bagi pengendara motor. Dimana fokusnya bukan pada kendaraan melainkan kepada pengendara yang mengalami risiko.

6| ASURANSI PERJALANAN

Kalau asuransi perjalanan beda lagi, namun memiliki keuntungan serupa manfaat asuransi jiwa dan kesehatan sebab produk ini mem-backup berbagai jenis ganti rugi seperti risiko kecelakaan, biaya pengobatan, kehilangan atau kerusakan bagasi dan penundaan atau keterlambatan perjalanan alias delay.

7| ASURANSI PENDIDIKAN

Asuransi pendidikan menjadi pilihan banyak orang tua muda atau kebanyakan orangtua yang tinggal di kota besar dengan alasan biaya sekolah yang terlampau mahal.

Oleh karena itu, asuransi pendidikan hadir memberi keuntungan kepada para orang tua yang ingin pendidikan anaknya terjamin hingga bangku kuliah.

Manfaat asuransi bagi masyarakat dibidang pendidikan selain karena tahan inflasi, produk asuransi ini juga dapat meringankan beban orang tua karena biaya pendidikan anak sudah tersedia hingga dewasa. Tentu saja tetap disesuaikan dengan polis dan biaya asuransi yang dipilih 😎

manfaat memiliki Aasuransi kesehatan bagi kehidupan

Nah, dari quote "Sedia payung sebelum hujan," dan berbagai macam jenis-jenis asuransi kesehatan itulah, diketahui bahwa asuransi memiliki banyak manfaat sebagai proteksi diri di masa depan. Semuanya dapat digunakan sesuai kebutuhan di waktu yang tepat. Asuransi kesehatan, misalnya.

Sebagai seorang freelancer di bidang content writer dan influencer, aku akrab sekali dengan begadang. Tuntutan deadline yang berkejaran membuatku harus tahan kantuk hingga pagi. Nggak jarang hal ini juga menyebabkan asam lambung jadi naik dan kepala pusing sebelah. Apalagi mengingat penghasilan yang tidak tetap namun pengeluaran cenderung pasti. Begadang setiap malam pun harus dilakoni supaya kebetuhan terpenuhi.

Maka dari itu, aku mulai belajar memahami manfaat asuransi kesehatan bagi kehidupan agar bisa menyiapkan masa depan sebaik mungkin.

Dimulai dengan mengontrol diri melalui prinsip hidup sesuai kemampuan, nggak boleh tergoda "SALE" terutama promo akhir tahun yang bikin kalap. Kemudian membuat prioritas dengan memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu, menyisihkan pemasukan untuk dana darurat, menghindari utang dan yang paling penting adalah pandai memilih asuransi sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Omong-omong soal memilih jenis asuransi yang sesuai untuk freelancer, aku punya tips nya nih. Berikut Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Murah yang bisa dicoba:

asuransi kesehatan adalah

1| Pilih Metode Klaim Cashless

Salah satu kecanggihan teknologi kini juga telah diterapkan dalam produk asuransi. Menggunakan metode cashless (tanpa uang tunai), peserta asuransi bisa berobat tanpa harus membawa uang tunai. Cukup dengan menunjukkan kartu peserta, pelayanan kesehatan sudah bisa dilakukan.

2| Menanggung Biaya Rawat Jalan

Biaya perawatan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi itu beragam. Sekali lagi, tergantung jenis polis dan biaya premi yang dipilih. Namun yang jadi pertimbanganku dalam menggunakan produk asuransi adalah karena biaya sebelum dan sesudah tindakan tetap ditanggung. Salah satunya biaya rawat jalan. Sangat membantu dan bermanfaat sekali, lho disaat tanggal tua 👍.

3| Manfaat Pengembalian Premi

Ini nih yang menarik. Ternyata iuran atau premi yang dibayarkan selama masa asuransi itu akan dikembalikan kepada peserta jika tidak ada klaim sampai asuransi berakhir, lho 😍

Namanya no claim bonus, istilah untuk manfaat pengembalian premi yang besarnya tergantung pernjanjian. Biasanya, premi yang dikembalikan berkisar antara 20% - 100% dari jumlah premi yang telah dibayarkan.

4| Manfaat Coordination of Benefit (CoB)

Coordination of Benefit adalah koordinasi manfaat antara 2 atau lebih insurer yang menanggung orang yang sama untuk manfaat asuransi kesehatan yang sama pula.

Misalnya, begini.

Kamu jatuh sakit dan butuh berobat kemudian diharuskan rawat inap. Namun biaya yang ditanggung oleh asuransi mu tidak meng-cover keseluruhan biaya rumah sakit. Maka kamu boleh mengajukan kekurangannya pada asuransi lain yang kamu punya 😎

5| Iuran Premi Sesuai Penghasilan

Bagi kebanyakan orang, sekilas asuransi itu mungkin mahal sekali. Padahal jika disesuaikan dengan penghasilan dan pandai atur keuangan. Semua produk asuransi worth it kok untuk dibeli. Maka dari itu, apapun dalam hidup harus disesuaikan dengan kemampuan. Nggak boleh memaksakan diri jika memang nggak sanggup.

Seperti ikutan asuransi ini, misalnya.

Pastikan keuangan terjaga selama masa asuransi berjalan, ya. Oleh karena itu, pilih asuransi sesuai dengan pemasukan. Idealnya, sih. Bayar asuransi itu sekitar 3%-5% dari penghasilan 😉

6| Beli Melalui Broker Asuransi Terpercaya

Ketika akan membeli produk asuransi, pastikan broker sudah terdaftar secara resmi di OJK, ya. Kamu juga harus teliti dan super jeli terhadap benefit yang ditawarkan..

Ingat, jangan mudah tergiur dengan nilai premi yang rendah supaya rencana berjalan sesuai harapan dan uang mu tidak hilang akibat pihak yang nggak bertanggungjawab.

asuransi lifepal

MENGENAL LIFEPAL LEBIH DEKAT

Nah, omong-omong soal broker asuransi terpercaya, Lifepal bisa jadi solusinya. 

For your information, Lifepal adalah marketplace asuransi terlengkap dan terpercaya yang sudah berdiri sejak November 2018.

Dengan misi dapat memberi akses informasi dan perlindungan finansial untuk semua orang, Lifepal memiliki beberapa penawaran yang sayang jika dilewatkan, diantaranya:

  • Membantu membandingkan, membeli dan menggunakan asuransi sesuai kebutuhan
  • Memberi ulasan dan penjelasan yang objektif terhadap suatau produk asuransi
  • Konsultasi gratis secara online dengan para ahli

Tidak hanya itu, sebagai platform all-in-one yang akan membantu membandingkan polis asuransi yang akan dibeli, Lifepal juga berkerja sama dengan PT. Anugrah Atma Adiguna sebagai pialang asuransi yang sudah terdaftar dan secara resmi diiawasi oleh OJK sesuai KEP-018/KMK.17/1992 dan termasuk anggota dari APPARINDO 60-2001/APPARINDO/2019.

Jadi, Lifepal ini aman, ya guys 👌

Lalu, bagaimana cara daftar asuransi kesehatan lifepal?

Gampang, sini aku bisikin caranya 👇

  • Pertama, isi formulir pendaftaran dulu
  • Kedua, bandingkan polis dan premi
  • Selanjutnya, pilih polis asuransi
  • Kemudian tunggu konfirmasi
  • Setelah itu, lakukan pembayaran
  • Selesai! Polis akan dikirim ke alamat yang tertera dalam form pendaftaran

Mudah, kan?

asuransi kesehatan lifepal
Image by Lifepal

Supaya lebih yakin bahwa Lifepal itu beneran bisa jadi media keuangan yang edukatif dan inspiratif serta dapat memberikan tips memiliki asuransi yang tepat. Berikut aku jabarkan alasan kenapa harus pilih Lifepal sebagai teman andalan keuangan:

  • Sudah bekerja sama dengan 5000 lebih rumah sakit, baik di dalam maupun di luar negeri
  • Jaminan premi termurah dengan harga terbaik
  • Ada layanan klain secara online
  • Konsultasi gratis untuk mendapatkan polis yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa Untuk Bagi Pekerja Lepas

biaya asuransi

Oh, iya. Menurut para ahli dan Undang-Undang seperti yang dikutip dari #asuransilifepal, asuransi kesehatan adalah perjanjian yang melibatkan dua belah pihak, yaitu pihak tertanggung dan pihak  penanggung dalam rangka penggantian biaya kerugian akibat risiko tak terduga.

Dimana besar nya premi dipengaruhi oleh profil calon nasabah dan luas pertanggungan polis yang dipilih. Adapun faktor yang juga menjadi penentu besarnya biaya asuransi kesehatan , yaitu:

1| MANFAAT POLIS ASURANSI

Semakin lengkap manfaat polis yang diberikan, maka akan semakin tinggi premi atau iuran yang dibayarkan.

Hal ini bukan hanya berlaku bagi produk asuransi. Tapi semua barang, produk atau jasa dengan kualitas terbaik, ya 😇

2| USIA DAN JENIS KELAMIN

Usia dan jenis kelamin juga memengaruhi besarnya premi asuransi yang akan dibayarkan. Calon nasabah dengan usia lanjut akan membayar premi lebih tinggi karena rentan sakit.

Tidak hanya itu, seseorang yang berjenis kelamin laki-laki juga cenderung membayar premi lebih tinggi karena lebih rentan terkena stroke di usia muda

3| RIWAYAT KESEHATAN

Seseorang dengan riwayat kesehatan berat atau pernah mengalami penyakit serius, biasanya dikenakan premi lebih mahal. Maka dari itu, pihak asuransi akan melakkan medical checkup bagi calon nasabah sebelum mengajukan polis asuransi.

4| ADA PENGEMBALIAN PREMI

Pengembalian premi disebut juga dengan no claim bonus. Maksudnya, jika tidak ada klaim selama masa asuransi berakhir, maka beberapa persen dari premi akan dikembalikan kepada peserta asuransi. Namun besarnya premi yang dikembalikan tergantung perjanjian. Dan hal ini juga yang membuat iuran premi menjadi mahal.

5| JENIS ASURANSINYA

Besarnya biaya iuran yang dibayarkan peserta asuransi cenderung mahal tergantung jenis-jenis asuransi kesehatan.

Ada dua jenis asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan murni atau asuransi kesehatan tanpa investasi dan asuransi unit link atau asuransi kesehatan sekaligus invetasi.

Jenis asuransi unit link inilah yang tergolong mahal sebab memiliki dua manfaat sekaligus. Sebagi polis dan investasi.

kapan manfaat asuransi dirasakan

Kalau kata orang tua, hidup itu penuh ketidakpastian. Ada hal yang bisa dikontrol, ada pula yang tidak bisa dikontrol. Itu mengapa ada peribahasa "Sedia payung sebelum hujan, sedia lilin sebelum padam."

Hal-hal yang tidak bisa dikonrol, seperti penghasilan, kondisi darurat, inflasi, kondisi makro, usia dan kesehatan tidak perlu terlalu dipusingkan sebab biasanya terjadi diluar kendali. Namun untuk hal yang masih bisa dikontrol, perlu direncakan secara matang, misalnya pengeluaran, dana darurat, asuransi, investasi dan budgeting.

Oleh sebab itu, memiliki asuransi menjadi sanat penting hukumnya bagi aku, kamu dan masyarakat pada umumnya. Sebab ketika risiko yang dipertanggungkan sesuai polis asuransi terjadi, maka saat itulah asuransi bekerja sebagaimana mestinya. Dengan begitu, risiko yang dialami bisa segera diatasi dengan memanfaatkan asuransi.

Nah, berikut manfaat asuransi bagi masyarakat. Sudah tahu?

1| Tabungan Tetap Aman

Memiliki tabungan dan dana darurat sekaligus itu cenderung sulit direalisasikan, terutama bagi pekerja lepas dengan pemasukan yang naik turun sepertiku. Untuk mensiasatinya, bisa dengan membeli produk asuransi sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, baik dana darurat maupun tabungan, tetap aman sebab keperluan mendadak bisa diatasi menggunakan polis asuransi.

2| Keuangan Stabil

Asuransi merupakan produk keuangan yang bisa diandalkan untuk cover tagihan diluar dana darurat. 

Disaat invoice tak kunjung cair, asuransi mengambil peran sebagai penyelamat. Alokasi dana bulanan pun bisa berjalan sesuai rencana awal dan sebagai mana mestinya

3| Bebas dari Rasa Khawatir

Manfaat asuransi bagi masyarakat akan sangat terasa saat jatuh sakit namun kantong kering. Apalagi jika dana darurat sudah habis terpakai.

Padahal tubuh butuh segera diperiksa. Lalu bagaimana solusinya?

Disinilah pentingnya memiliki asuransi. Jaminan kesehatan yang ditawarkan oleh produk asuransi akan sangat membantu pekerja lepas untuk mengatasi kondisi kesehatannya yang sedang memburuk, kapan pun, dan dimana pun.

4| Asuransi Kecelakaan

Hal-hal tak terduga seperti kecelakaan, kematian atau pun cidera saat bekerja menjadi hal serius yang harus diantisipasi jauh-jauh hari.

Meski hidup itu terus berubah dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi suatu hari nanti, namun memiliki asuransi jiwa sangatlah penting. Sebab dengan bantuan asuransi, beban biaya rumah sakit menjadi ringan.

5| Siap Menghadapi Tantangan

Ada banyak orang beralih menjadi freelancer dengan alasan "kebebasan" jam kerja. Padahal walau time table sangat fleksibel, bukan berarti, seorang freelancer bisa berleha-leha. Bukan kah setiap pekerjaan itu pasti ada risiko nya?

Apalagi jika deadline datang tanpa permisi. Begadang pun tak terelakkan.

Nah, agar hidup tetap berjalan normal, tentu dengan tantangan yang tak terduga, produk asuransi bisa jadi solusi terbaik saat crisis fund menyerang.

6| Masa Depan Terencana

Ada berbagai macam produk asuransi sesuai kebutuhan.

Selain untuk tabungan dan dana darurat, manfaat asuransi jiwa dan kesehatan bagi pekerja freelance adalah sebagai jaminan hari tua.
 
Atau bagi yang sudah menikah, bisa menggunakan produk asuransi pendidikan supaya masa depan anak lebih terjamin. 
 

Baca Juga: Manfaat Asuransi Untuk Pekerja Freelance

Oh, iya. Jangan ragu untuk mulai memilih produk asuransi dari sekarang. Setiap orang berhak mendaftarkan diri untuk mendapat self protection pada sebuah perusahaan asuransi swasta maupun yang dikelola pemerintah guna back-up plan dimasa yang akan datang selama masih berpenghasilan.

Terutama bagi seorang freelancer seperti aku yang pemasukannya cenderung fluktuatif, tetapi butuh proteksi diri guna mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan dimasa depan. 

Bukankah hidup terus berubah? Tidak ada yang tahu kemana takdir akan membawa kita. Jadi, ada baiknya melakukan proteksi diri sejak dini.

Selain sebagai antisipasi akan hal-hal yang tidak diinginkan, manfaat asuransi kesehatan bagi freelancer maupun manfaat asuransi bagi masyarakat pada umumnya sangat beragam tergantung produk asuransi yang dipilih. Supaya bebas dari khawatir dan keamanan dana terjamin, jangan lupa untuk memilih broker asuransi terpercaya seperti #asuransilifepal ya 😇

So, ready for a more planned life in 2022?

#asuransilifepal


15 comments:

  1. Penting banget paham tentang apa yang dicover saat membeli asuransi ya mba, agar benar2 sesuai dengan manfaat yang diinginkan.
    Keren banget Lifepal membandingkan polis lebih dari 50 perusahaan asuransi yang ada.

    ReplyDelete
  2. Setuju. Ibaratnya sedia payung sebelum hujan. Asuransi ini penting buat proteksi ke hal-hal yang tak terduga. Beruntung sekarang ada Lifepal jadi bisa memilih asuransi yang pas buat masing-masing pribadi.

    ReplyDelete
  3. Sepakat! memang begitulah fungsi asuransi yang harusnya melindungi diri dan keluarga kita ya agar lebih nyaman dan gak was-was terus.

    ReplyDelete
  4. ada banyak banget yaa jenis asuransi, tapi aku baru punya asuransi kesehatan sama asuransi jiwa nih. emang baru tau klo ngerasain fase risiko dan mendapat manfaat dari asuransi. Enak ya klo liat referensi dan rekomendasi berbagai macam asuransi dari life pal

    ReplyDelete
  5. Dulu aku ikut asuransi karena dipaksa sama mertua..tapi lama kelamaan aku merasa bersyukur dulu pernah dipaksa :)

    ReplyDelete
  6. Banyak orang yang tidak menyadari kalau asuransi itu fungsinya sebagai proteksi. Bakal bermanfaat suatu saat nanti. Apalagi sekarang sudah ada marketplace nya jadi mempermudah untuk membeli polis.

    ReplyDelete
  7. Nah kalo freelance nih harus pinter2 hitung untuk kebutuha asuransi berapa soalnya pendapatan juga naik turun hehe

    ReplyDelete
  8. Betul. Dengan perencanaan keuangan yang lebih baik akan membuat masa depan kita juga lebih baik. Saatnya mulai memikirkan masa depan. Salah satunya ya dengan memilih asuransi ya

    ReplyDelete
  9. betul kak, justru karena banyak hal2 yang gak pasti itu yaa sebisa mungkin kita ngencengin hal2 yang bisa kita kelola sendiri. salah satunya ya melalui asuransi buat diri maupun keluarga.

    ReplyDelete
  10. Untuk mempersiapkan hidup yang penuh dengan ketidakpastian memang harus memiliki perlindungan seperti asuransi, ya. Apalagi freelancer seperti kita yang tidak memiliki tunjangan ya..

    ReplyDelete
  11. Saya jg merasakan bgt manfaat asuransi. Klo askes diatur kantor suami, jd dipotong gaji kalo ke dokter gratis ga bayar. Dulu waktu kecelakaan mobil jg alhamdulillah dapat ganti utk kerusakan mobil :)

    ReplyDelete
  12. di zaman sekarang emang perlu banget sih tau dan melek asuransi, apalagi di masa pandemi begini, hati terasa jauh lebih tenang kalau ada asuransi

    ReplyDelete
  13. betul ya ternyata manfaat asuransi memang bisa dirasakan kalau ya terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan itu. kalau bisa dapat asuransi yang pas dan produk yang sesuai dengan kebutuhan, gak rugi deh :)

    ReplyDelete
  14. Lifepal ini benar2 marketplace asuransi yang komplit sekali. Mulai dari asuransi jiwa hingga pendidikan ada semua. Kita bisa dengan mudah membandingkan masing2 produk asuransi. Sehingga kita tak kesulitan mendapatkan rekomendasinya.

    Nah, sudah saatnya nih hidup yang pasti2 aja meski ada kemungkinan ketidakpastian. Minimal dengan asuransi, kesulitan hidup di masa yang tidak pasti bisa teratasi.

    ReplyDelete
  15. Betul sekali, 2020-2021 ini membuktikan bahwa hidup penuh ketidakpastian. Bahkan ke depannya juga tak ada kepastian. Maka perlindungan berupa asuransi merupakan salah satu 'payung' penyelamat yang setidaknya dapat mengalihkan sebagian risiko di masa depan.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.