Yuk, Pahami Perbedaan Apartemen, Flat dan Kondominium Supaya Tidak Bingung


perbedaan apartemen, flat dan kondominium

"Home is a shelter from storms - all kinds of storms."

- William J. Bennett -

Yuk, Pahami Perbedaan Apartemen, Flat dan Kondominium Supaya Tidak Bingung - Kondominium dan apartemen merupakan jenis konstruksi dari proyek gedung yang berfungsi sebagai fasilitas umum. Dimana dalam proses perencanaannya akan ditangani oleh para ahli seperti artsitek dan insinyur sipil.

Istilah apartemen, flat dan kondominium mulanya digunakan di Amerika untuk menyebut hunian vertikal yang berada di gedung bertingkat.

Namun seiring perkembangan zaman, istilah tersebut kini tak asing lagi didengar telinga. Terutama bagi masyarakat urban yang tinggal di metropolitan.

Lantas, apakah ketiganya memiliki perbedaan yang signifikan?

Nah, supaya tidak penasaran dan sering kali bingung mengenai perbedaan hunian tersebut, yuk simak penjelasan singkatnya di bawah ini. Semoga bermanfaat 😎

Baca Juga: 10 Warna Cat Kamar Tidur Sesuai Kepribadian

🏡 PERBEDAAN APARTEMEN DAN KONDOMINIUM

kondominium adalah
contoh gambar kondominum

Kondominium adalah jenis hunian vertikal yang merujuk pada kepemilikan. Berasal dari kata "con" yang artinya bersama dan "dominium" yang artinya kepemilikan. Dengan demikian, pemilik kondominium memiliki hak penuh atas kondo namun tidak untuk fasilitas bersama sepetti parkir, kolam renang dan gym.

Kondominium memiliki karateristik bangunan mirip apartemen atau bisa juga disebut sebagai apartemen. Tapi, dengan biaya perawatan yang menyerupai rumah tinggal. Sebab terdapat uang keamanan, kebersihan dan biaya listrik serta air yang dibebankan kepada penghuni kondo.

Jenis hunian ini juga berfungsi sebagai tempat tinggal dimana biaya per unit nya ditanggung oleh penghuni. Selain itu, perbedaan apartemen dan kondominium juga terlihat sekali pada bagian sistem keamanan dan sosialiasasi nya.

Tinggal di kondominium seperti tinggal di rumah sendiri, bisa bersosialisasi dengan tetangga lebih sering karena saling berbagi fasilitas seperti yang sudah aku sebutkan di atas.

Akan tetapi, karena harga kondominium dan biaya perawatan yang lumayan mahal -nyaris sebesar perawatan rumah tinggal, banyak kalangan millennial yang lebih memilih menyewa apartemen dibanding membeli kondo.

Sedangkan macam macam tipe kondominium di berbagai negara itu berbeda-beda. Di Indonesia, kondominium dianggap hunian elit yang level nya lebih tinggi dibanding apartemen 😎

🏡 PERBEDAAN APARTEMEN DAN FLAT

perbedaan apartemen dan flat
contoh gambar flat di suatu negara

Jika kondominium adalah sejenis rumah tinggal yang penghuninya memiliki hak penuh atas kondo tersebut, maka berbeda dengan apartemen.

Menurut Wikipedia, apartemen adalah sejenis real estate mandiri yang terdiri dari satu set kamar, toilet, dapur dan pintu depan yang menempati sebagian dari sebuah bangunan pada satu lantai.

Dimana setiap lantai biasanya terdiri dari beberapa unit. Atau jika terdapat banyak sekali unit dan tipe, maka akan terbagi menjadi beberapa bangunan (tower) yang berbeda namun saling terhubung.

Selain harga sewa yang terjangkau sesuai tipe dan isi kantong. Apartemen juga memiliki fasilitas pendukung seperti cleaning service, pusat kebugaran, infinity pool, lahan parkir bawah tanah dan laundry 😃

Sedangkan flat, merupakan jenis hunian yang dibangun secara berderet pada setiap lantai bangunan bertingkat. Atau jika di Indonesia dikenal dengan nama rumah susun.

Sebenarnya, rumah susun dan apartemen itu sama. Sama-sama jenis hunian yang dibangun secara vertikal pada gedung bertingkat.

Hanya saja, jika flat, rusun atau rumah susun adalah jenis hunian yang ditujukan untuk golongan masyarakat kelas menengah ke bawah. Maka apartemen merupakan hunian komersial yang didirikan oleh developer guna mencari keuntungan.

Sebagian juga beranggapan, memiliki atau tinggal di apartemen dapat meningkatkan derajat sosial. Benarkah?

Dengan demikian, jelas sudah. Bahwa perbedaan apartemen, flat dan kondominium terletak pada fasilitas, harga, juga hak kepemilikan bangunan tersebut.

Baca Juga: 4 Warna Hunian yang Membuat Para Pembeli Properti Terpikat

🏡 KESIMPULAN

kondominium dan apartemen merupakan jenis konstruksi dari
contoh apartemen

Dari penjelasan di atas, sudah paham, kan mengenai perbedaan apartemen, flat dan kondominium? Pada intinya, ketiga istilah tersebut merujuk pada jenis hunian masyarakat urban.

Jadi, nggak usah bingung lagi, ya ketika mendengar salah satu istilah tersebut disebut dalam sebuah drama, film atau anime. Karena sudah sangat jelas, meski mirip, kondominium dan apartemen merupakan jenis konstruksi dari proyek bangunan yang memiliki perbedaan cukup signifikan. Terutama pada hak kepemilikan bangunan nya.

So, see you in another knowledge sharing session, guys. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya... dadaah 🤗


Yuk, Pahami Perbedaan Apartemen, Flat dan Kondominium Supaya Tidak Bingung Yuk, Pahami Perbedaan Apartemen, Flat dan Kondominium Supaya Tidak Bingung Reviewed by Heizyi on September 15, 2021 Rating: 5

12 comments:

  1. Aku masih nganggap flat dan apartment tuh, sama aja, ternyata beda ya. Tapi ketiganya tetap vertical, kan, ya.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu perbedaan ketiganya. Cuma memang bagus sih kalo bisa punya apartemen sendiri untuk bisnis dan kantor. Menurut saya apartemen itu cocok untuk rumah kedua.

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada perbedaannya ya kak, Kalau di Indonesia namanya flat itu kurang lebih sama dengan rumah susun kali ya. Di luar negeri penduduk sudah padat ya jadi mau ga mau harus tinggal di flat

    ReplyDelete
  4. Mendengar istilah kondominium, cukup ada gambaran ya. Jadi lebih faham saya, tiap hunian punya kelebihan masing-masing ya

    ReplyDelete
  5. Saya sudah menikmati tinggal di kondominium, apartemen dan flat ketika bekerja di luar negeri. Majikan di Singapura, rumahnya tipe kondominium di Hougang. Di Hongkong, majikan rumahnya flat di daerah Jordan. Sementara apartemen itu rumah majikan di Taiwan. Selain rumah huni biasa beberapa lantai dengan halaman yang sangat luas.

    ReplyDelete
  6. Tapi,kalau aku pribadi lebih nyaman tinggal di rumah biasa saja hehehe... Dua tahun ke belakang sempat mikir pengen nyoba tinggal di apartemen, tapi ternyata paksu juga nggak mau. Jadi mungkin hanya untuk investasi aja kali ya :)

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat
    Anak saya pernah nawarin apartemen, trus saya bilang kalo mau beli mah beli aja
    Anak saya bilang, ya harus dipakai karena biaya bulanan nya aja Rp 500.000
    Wah baru tau. Hahaha

    ReplyDelete
  8. Wah terima kasih infonya jadi lebih jelas perbedaannya, mirip tapi sebetulnya berbeda ya...

    ReplyDelete
  9. Makin tahu juga perbedaan ketiganya nih,selama ini hanya berfikiran bahwa apartemen dan kondominium itu sama. Tempat tinggal orang-orang yang punya duit versi saya,ahaha. Kayaknya pengen deh bisa punya satu apartemen yang mewah gitu di tengah kota.

    ReplyDelete
  10. Penjelasan literasi propertynmenjadi mengenal dan memahami arti kondomonium, apartemen, dan flat

    ReplyDelete
  11. Oh begituuu, panmtas aja biaya hidup di kondominium lebih mahal dibandingkan apartemen. Banyak plus nya dan lebih punya privasi ya. Tapi sebagai fungsi hunian, semua rasanya oke2 aja yang penting sedia fulusnya hehehe.

    ReplyDelete
  12. Kalau banyak uang sih mendingan Kondominium ya. Meski punya apartemen juga asik bisa dijadikan buat investasi jangka panjang

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.